May 17, 2024

Menteri Pandjaitan, Kapolri memimpin TFG untuk keamanan WWF

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin acara security Tactical Floor Game (TFG) VVIP World Water Forum (WWF) ke-10.

Saya kira persiapannya sudah bagus, (petugas) sudah paham siapa berbuat apa, kalau terjadi apa-apa siapa yang bertanggung jawab, dan lain-lain, kata Pandjaitan usai memimpin persiapan pengamanan TFG di Jakarta, Jumat.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto juga memimpin persiapan pengamanan tamu VVIP WWF.

Latihan TFG untuk mengamankan kepala negara dan pemerintahan atau Very Very Important Person (VVIP) pada WWF ke-10 ini digelar di Gelanggang Olah Raga (GOR) Yudomo, Kepaon, Kota Denpasar.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para komandan satuan tugas TNI dan Polri, instansi pemerintah, serta pihak terkait lainnya.

Menurut Pandjaitan, persiapan pelaksanaan WWF ke-10 yang dijadwalkan di Bali pada 18-25 Mei 2024 telah berjalan dengan baik.

“Saya kira model TFG sangat baik untuk memastikan setiap prajurit dan komandan lapangan memahami tugas yang harus mereka lakukan dalam situasi apapun,” ujarnya.

Ia berharap acara yang dihadiri lebih dari 30 ribu peserta dari 148 negara ini dapat berjalan dengan baik.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II Marsekal M. Khairil Lubis menyatakan, pelaksanaan TFG bertujuan untuk melihat pola keamanan yang akan dilakukan untuk melindungi kepala negara dan delegasi peserta WWF.

“TNI, Polri, dan pemangku kepentingan lainnya harus memvisualisasikan pelaksanaan yang ada, bagaimana komposisinya, disposisinya, apa itu ring 1, ring 2, dan ring 3, agar semuanya berjalan baik tanpa gangguan,” ujarnya.

TAGS: