May 21, 2024

Jaksa ICC Mencari Surat Perintah Penangkapan untuk Pemimpin Netanyahu dan Hamas

Kepala jaksa Pengadilan Kriminal Internasional mengatakan pada hari Senin bahwa ia sedang mencari surat perintah penangkapan bagi para pemimpin Israel dan Hamas, termasuk Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, sehubungan dengan tindakan mereka selama perang tujuh bulan.

Karim Khan mengatakan bahwa dia yakin Netanyahu, menteri pertahanannya Yoav Gallant dan tiga pemimpin Hamas – Yehya Sinwar, Mohammed Deif dan Ismail Haniyeh – bertanggung jawab atas kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan di Jalur Gaza dan Israel.

Berbicara tentang tindakan Israel, Khan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “efek dari penggunaan kelaparan sebagai metode peperangan, bersama dengan serangan lain dan hukuman kolektif terhadap penduduk sipil di Gaza sangatlah akut, terlihat dan diketahui secara luas. … Hal ini termasuk kekurangan gizi, dehidrasi, penderitaan mendalam dan peningkatan jumlah kematian di kalangan penduduk Palestina, termasuk bayi, anak-anak lain, dan perempuan.”

Mengenai tindakan Hamas pada 7 Oktober, dia mengatakan bahwa dia melihat sendiri “adegan yang menghancurkan dari serangan-serangan ini dan dampak besar dari kejahatan tidak masuk akal yang didakwakan dalam permohonan yang diajukan hari ini. Berbicara dengan para penyintas, saya mendengar bagaimana cinta dalam sebuah keluarga , ikatan terdalam antara orang tua dan anak, diubah menjadi menimbulkan rasa sakit yang tak terbayangkan melalui kekejaman yang diperhitungkan dan sikap tidak berperasaan yang ekstrem. Tindakan ini menuntut akuntabilitas.”

TAGS: